Kamu Harus Mempersiapkan 4 Hal ini Sebelum Menaklukkan Gunung untuk Pertama Kali

Mendaki gunung adalah salah satu olahraga yang bisa dibilang cukup ekstrim dan banyak dilakukan oleh orang-orang dari berbagai kalangan akhir-akhir ini. Tak hanya orang yang sudah berpengalaman, bahkan beberapa orang ingin sekali menaklukkan gunung untuk dapat menikmati panorama keindahan alam dari puncak suatu gunung.

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Mendaki gunung bagi pemula

Bukan menjadi suatu rahasia lagi, menikmati panorama keindahan alam dari puncak gunung adalah momen yang bisa dibilang momen paling indah dalam perjalanan hidup. Dari puncak gunung, kamu bisa melihat jajaran bukit yang dilengkapi dengan pepohonan hijau, sungguh indah dipandang mata.

Tak hanya hijau-hijau yang bisa kamu nikmati dari puncak gunung, kebanyakan orang juga “memburu” matahari terbit maupun terbenam. Mereka yang hendak menikmati matahari terbit, biasanya mereka mulai mendaki tengah malam. Sesaat sebelum matahari terbit kamu akan melihat perubahan warna langit dari gelap, perlahan mulai berubah kuning kemerahan, dan matahari mulai terlihat sempurna. Indah sekali.

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Sunrise dari puncak gunung

Satu lagi fenomena alam yang bisa kamu nikmati dari puncak gunung yaitu melihat gugusan ribuan bintang membentang di langit. Beberapa mengabadikan momen tersebut dengan kamera DSLR yang disetting agar bisa menagkap momen langka tersebut.

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
"Milky Way" Gunung Bromo

Nah, sebelum kamu menikmati semua itu, kalian para pendaki pemula harus mempersiapkan hal-hal sebelum mencapai puncak gunung. Berikut 4 hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaki gunung untuk pertama kali.

1        Perencanaan Pendakian

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Siap-siap sebelum mendaki

Sebuah acara akan berjalan dengan lancer jika kamu merencakan dengan matang, begitu juga untuk mendaki gunung. Kamu harus mulai “berkenalan” dengan gunung yang mau ditaklukkan. Kamu juga harus tau “medan” pendakian. Selain itu kamu juga harus tau jangka waktu kamu mendaki gunung, dari mulai keluar rumah hingga sampai dirumah lagi. Jangan sampai bolos kuliah/kerja gara-gara naik gunung ya!

      Mempersiapkan Fisik dan Mental

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Olahraga kecil sebelum pendakian

Mulailah melakukan aktivitas fisik satu bulan sebelum berangkat. Jangan yang terlalu berat, kamu bisa memulai dengan berjalan minimal 30menit setiap hari. Jika sudah terbiasa, tambah durasi menjadi 1 jam. Kamu juga harus mempersiapkan mental kamu karena sangat berpengaruh saat perjalananmu menuju puncak.

3        Mempersiapkan Perlengkapan dan Logistik

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Mempersiapkan perlengkapan dan logistik

Sudah sewajarnya seorang pendaki membawa tas khusus pendaki (carrier) bervolume besar. Seorang pendaki harus tau cara “packing” yang baik. Agar tidak salah posisi dalam menaruh perlengkapannya kedalam carrier. Tak hanya perlengkapan, pendaki juga harus menghitung berapa banyak logistic yang harus dibawa, jangan sampai kelaparan pada saat pendakian. Akan menjadi penghalang menuju puncak.

4       Tetap Menjaga Kelestarian Alam

mendaki gunung, tips mendaki gunung, pendaki pemula
Selalu menjaga kelestarian alam

Banyak sekali pendaki yang tidak bertanggung jawab pada alam. Mereka berbuat seenaknya pada alam. Mulai membuang sampah sembarangan hingga memetik tumbuhan langka. Itu adalah contoh yang sangat haram untuk ditiru. Jadilah pendaki yang bertanggung jawab dan tetap menjaga kelestarian alam agar keindahan alam ini bisa dinikmati hingga anak cucu kita kelak.


Sebenarnya mendaki gunung tidak se-seram yang dibayangkan. Kamu akan tahu jati diri kamu sebenarnya saat kamu naik gunung. Kamu akan menikmati hasil yang luar biasa indahnya setelah kamu lelah mendaki hingga puncak. Jadi, kapan mau naik gunung ?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kamu Harus Mempersiapkan 4 Hal ini Sebelum Menaklukkan Gunung untuk Pertama Kali"

Post a comment